Huruf I meyalo i yito hurupu o-9 (otiyoliyo) to delomo alfabet Latin. I lowali lambang angka 1 (satu) meyalo tahun 1 to delomo angka Romawi.

I
Abjad Latin dasar
Aa Bb Cc Dd Ee  
Ff Gg Hh Ii Jj  
Kk Ll Mm Nn Oo  
Pp Qq Rr Ss Tt  
Uu Vv Ww Xx Yy Zz  

SojaraBoli'o

Hieroglif Mesir
"lengan" 
Proto-Semitik
yad 
Fenisia
yodh 
Yunani Kuno
iota 
Etruria
Latin Modern
I
60px       

Dalam rumpun bahasa Semit, huruf Yôdh mungkin berasal dari suatu piktogram untuk "lengan" dan "tangan", berasal dari hieroglif serupa yang membawa nilai konsonan desis hulu kerongkongan bersuara (/ʕ/) dalam bahasa Mesir, tetapi dialihkan ke /j/ (seperti y pada kata "ya") oleh orang-orang Semit, karena kata Semit untuk "lengan" diawali dengan bunyi itu. Huruf ini juga boleh digunakan untuk bunyi vokal /i/, terutama dalam kata asing.

Dalam bahasa Inggris modern, I melambangkan berbagai bunyi berbeda, terutama diftong "panjang" /aɪ/ yang berkembang dari /iː/ bahasa Inggris Pertengahan setelah Peralihan Vokal Besar-besaran pada abad ke-15, serta juga vokal "pendek" terbuka /ɪ/ seperti pada kata bill. Titik pada atas 'i' kecil kadangkala dipanggil tittle.

Dalam alfabet Turki, I bertitik dan tanpa titik dianggap sebagai huruf yang berbeda dan keduanya mempunyai bentuk huruf besar (I, İ) dan kecil (ı, i).

Huruf I digunakan pula dalam ilmu pasti. I merupakan simbol kimia untuk Yodium (Iodium). Dalam fisika, I adalah simbol arus listrik.

Kode komputasiBoli'o

Representasi alternatif huruf I
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
India ··
     
Bendera isyarat Semafor Braille