Wikipedia:Waro lo Kopi

Toduwolo tumuwoto ode Waro lo Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Teeye botiya himbunguwa lo halaman-halaman u hepopohunalo motombilu masa'ala tinepo, teknis, bahasa, wawu operasi lo Wikipedia Bahasa Hulontalo. Toduwolo mololohu masalah wolo u hetombiluwo wawu heyintuwo lotawu, wonu dipo'o u mohumayawa mowali mohintu teeye.

Ja lipata mowali pali lo ulu'u wawu tanggal to pulito tahulimu (wolo u motepu ~~~~ meyalo motepu tombol "pali lo ulu'u" to toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Gorontalo Wikipedia's Village Pump. You don't speak Gorontalo? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Waro lo Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Popobilohe nga'amila topik hebahasiyolo to Waro lo Kopi


Wikipedia Asian Month 2019Sunting

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Wikipedia Asian Month is back! We wish you all the best of luck for the contest. The basic guidelines of the contest can be found on your local page of Wikipedia Asian Month. For more information, refer to our Meta page for organizers.

Looking forward to meet the next ambassadors for Wikipedia Asian Month 2019!

For additional support for organizing offline event, contact our international team on wiki or on email. We would appreciate the translation of this message in the local language by volunteer translators. Thank you!

Wikipedia Asian Month International Team.

MediaWiki message delivery (bisala) 1 Nopember 2019 00.57 (WITA)

Wikipedia Hulalo Asia 2019Sunting

Wikipedia Hulalo Asia ma ledungga! Paladu monto olami alihu sukses kontes botiye. Paduma lo kontes botiya mowali biloheli to halaman lokal to Wikipedia Hulalo Asia. Habari lebe motombango, bilohi halaman Meta lo penyelenggara.

Mohulata modunggaya wolo duta besar berikutnya ode Wikoipedia Hulalo Asia 2019!

Wonu paralu dukungan duhengiyo mode offline, hubungiya tim internasional lami to wiki meyalo to email. Odu'olo! Marwan Mohamad (bisala) 6 Nopember 2019 09.38 (WITA)

Extension of Wikipedia Asian Month contestSunting

In consideration of a week-long internet block in Iran, Wikipedia Asian Month 2019 contest has been extended for a week past November. The articles submitted till 7th December 2019, 23:59 UTC will be accepted by the fountain tools of the participating wikis.

Please help us translate and spread this message in your local language.

Wikipedia Asian Month International Team

--MediaWiki message delivery (bisala) 27 Nopember 2019 22.16 (WITA)

Pendaftaran WikiNusantara 2020 dibuka hingga 31 Desember!Sunting

Mohon maaf menggunakan bahasa Indonesia.

WikiNusantara 2020

Halo! Wikimedia Indonesia, dibantu oleh para sukarelawan, mengadakan konferensi regional untuk para komunitas Wikimedia di Indonesia. Konferensi ini akan dilaksanakan di Kota Padang, 28–29 Maret 2020. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah "Kolaborasi dalam Gerakan Terbuka". Selain berdiskusi dengan Wikimediawan lain dan bertemu muka, konferensi ini juga akan mengajak seluruh sukarelawan dan proyek-proyek seinduknya untuk membangun semangat kolaborasi dalam membebaskan pengetahuan.

Konferensi ini menyediakan beasiswa perjalanan penuh (full scholarship) dan beasiswa parsial (partial scholarship). Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat dilihat di » halaman ini «. Segeralah mendaftar beasiswa perjalanan ini agar semakin besar kesempatan Anda menghadiri konferensi ini. Pendaftaran akan ditutup pada 31 Desember 2019.

Pastikan Anda mencatat tanggal-tanggal penting konferensi. Semua informasi sudah dicantum di halaman utama WikiNusantara 2020.

Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai konferensi ini, hubungi konferensi wikimedia.or.id atau melalui halaman Talk:WikiNusantara 2020. Sampai bertemu! ··· 🌸 Rachmat04 · , atas nama Tim Beasiswa WikiNusantara 2020, 28 Desember 2019 15.48 (WITA)

Wiki Loves FolkloreSunting

Hello Folks,

Wiki Loves Love is back again in 2020 iteration as Wiki Loves Folklore from 1 February, 2020 - 29 February, 2020. Join us to celebrate the local cultural heritage of your region with the theme of folklore in the international photography contest at Wikimedia Commons. Images, videos and audios representing different forms of folk cultures and new forms of heritage that haven’t otherwise been documented so far are welcome submissions in Wiki Loves Folklore. Learn more about the contest at Meta-Wiki and Commons.

Kind regards,
Wiki Loves Folklore International Team
— Tulsi Bhagat (contribs | talk)
sent using MediaWiki message delivery (bisala) 18 Januari 2020 14.14 (WITA)

Kode Etik Universal (Universal Code of Conduct)Sunting

Mohon maaf bila pesan ini tidak diterjemahkan dari bahasa Indonesia. Anda dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa Gorontalo bila perlu.

Meneruskan pesan dari tim Trust and Safety WMF:

Dalam 19 tahun terakhir, para Wikimedian telah bahu-membahu membangun sumber daya pengetahuan bebas paling besar dalam sejarah umat manusia. Dalam waktu yang singkat, Wikimedia telah tumbuh dari sekelompok kecil penyunting menjadi sebuah masyarakat besar yang terdiri atas para editor, pengembang, mitra berafiliasi, pembaca, penyumbang, dan rekan kerja sama. Anda tentu menyadari bahwa untuk komunitas masih harus bekerja keras untuk bisa mewujudkan cita-cita Wikimedia, yang terejawantahkan pada pernyataan "bayangkan sebuah dunia di mana setiap orang dapat berbagi segala macam pengetahuan dengan bebas" (imagine a world in which every single human being can freely share in the sum of all knowledge).

Di sisi lain, komunitas Wikimedia masih belum memiliki panduan yang jelas dan mengikat untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana pengetahuan bebas dapat dibagikan tanpa sebarang ketakutan. Untuk menciptakan hal itu, perlulah dijamin keamanan dan kenyamanan semua orang yang ingin berbagi pengetahuan secara bebas, sehingga dapat mendorong mereka untuk bergabung dan berkontribusi. Singkatnya, diperlukan sebuah panduan yang dapat membangun sebuah lingkungan yang inklusif, konstruktif, dan mendorong pembebasan pengetahuan.

Selama ini, telah ada perbincangan atas perlunya sebuah peraturan perilaku global yang mengikat seluruh komunitas Wikimedia. Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah mengumumkan Community Culture Statement yang menjadi panduan untuk mencegah pelecehan dan menganjurkan inklusivitas di seluruh proyek Wikimedia. Sebagai pelaksanaan dari pernyataan tersebut, sebuah Kode Etik Universal (Universal Code of Conduct) akan diadakan sebagai standar minimum di seluruh proyek Wikimedia dan akan berlaku bagi para sukarelawan maupun staf Wikimedia di seluruh dunia. Kode Etik ini akan menjadi dasar pertimbangan dalam seluruh kegiatan di Wikimedia, baik itu pada tingkat proyek, kelompok, maupun perseorangan.

Mari berpartipasi dalam perbincangan mengenai Kode Etik Universal ini: apa yang mesti diatur dan tidak perlu diatur, bagaimana cara peraturan ini berkembang dan diterapkan, dan apa untung-ruginya bagi komunitas Wikimedia. Komunitas Anda adalah bagian dari Wikimedia, dan suara Anda amat berharga. Anda dapat memulai dengan membaca rancangan Kode Etik Universal dan membincangkannya di halaman diskusinya.

Agar lebih banyak anggota komunitas Wikimedia yang berpartisipasi, Anda dianjurkan untuk menerjemahkan rancangan Kode Etik Universal ke dalam bahasa Anda. Perlu dicatat bahwa jika halaman Kode Etik Universal tersebut belum diterjemahkan ke dalam bahasa Anda, usulan atau tanggapan dalam bahasa selain Inggris pada diskusi yang dimulai dengan bahasa Inggris akan tetap diterima.

Salam, David Wadie Fisher-Freberg (bisala) 15 Juli 2020 02.43 (WITA)


Rekomendasi Strategi Gerakan Wikimedia 2030Sunting

Halo semua,

Wikimedia Indonesia akan mengadakan pertemuan dengan komunitas untuk membahas Strategi Gerakan Wikimedia 2030. Saat ini, ada 10 rekomendasi yang tertuang dalam Strategi Gerakan Wikimedia 2030. Kami mengundang rekan-rekan komunitas untuk menentukan prioritas dari 10 rekomendasi yang ada. Pertemuan akan diadakan pada hari Jumat, 23 Oktober, pukul 18.30-19.30 WIB melalui Google Meet berikut ini: https://meet.google.com/ysj-eyht-tny.

Rekomendasi Strategi Gerakan Wikimedia 2030 dalam bahasa Indonesia sudah tersedia di sini: https://meta.wikimedia.org/wiki/Strategy/Wikimedia_movement/2018-20/Recommendations/id

Jika saat membuka masing-masing rekomendasi munculnya bahasa Inggris, silakan klik tulisan "bahasa Indonesia" yang ada di atas halaman.


Terima kasih
Hillun Vilayl Napis (WMID) (bisala) 22 Oktober 2020 16.31 (WITA)

Global bot policy proposal: invitation to a Meta discussionSunting

Momoli'o Huwali lo tangguloSunting

Halo,

Watiya woluwo usul momoli'o huwali lo tanggulo Lo'iya ta ohu'owo mowali Lo'iya ta ohu'uwo sababu lotalawa to'u lohutu terjemahan bohuliyo. Toduwolo modukungi mongohi suara.

Odu'olo. Marwan Mohamad (bisala) 28 Nopember 2020 21.36 (WITA)


Sudah saya ajukan. ··· 🌸 Rachmat04 · 12 Desember 2020 16.58 (WITA)
Terima kasih atas dukungannya. Perubahan ini sudah diterapkan di gorwiki. ··· 🌸 Rachmat04 · 17 Desember 2020 21.01 (WITA)

Undangan urun pikiran dalam konsultasi Kode Etik UniversalSunting

Salam,

Anda diundang untuk ikut urun pikiran dan gagasan pada proses konsultasi tahap kedua Kode Etik Universal (UCoC). Konsultasi tahap kedua UCoC akan berfokus pada perumusan mekanisme penerapan dan penegakan yang efektif dan berlaku bagi seluruh proyek-proyek Wikimedia. Tahap kedua ini penting mengingat UCoC merupakan salah satu mandat utama dari proses Strategi Gerakan Wikimedia dan akan menjadi standar minimum bagi kebijakan tingkah laku di proyek-proyek Wikimedia. Komunitas bahasa Gorontalo, sebagai bagian dari komunitas Wikimedia di Indonesia, akan memainkan peran yang penting dalam penegakan UCoC berdasarkan nilai-nilai lokal, pengalaman terdahulu, ingatan institusional, dan kearifan budaya yang berlaku di sini.

Kami menyediakan beberapa bahan bacaan yang dapat membantu Anda mengetahui dasar-dasar mengenai UCoC. Anda dapat membaca rancangan akhir UCoC yang disusun oleh komite staf dan sukarelawan Wikimedia; laporan akhir dari konsultasi tahap pertama mengenai perumusan UCoC; dan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan terkait UCoC (FAQ).

Anda dapat berpartisipasi dengan berkomentar di halaman permohonan pendapat, yang akan dibuka sampai akhir bulan Februari 2021. Namun, bila Anda memiliki pertanyaan lain atau ingin menyampaikan respon yang dirasa lebih sesuai disampaikan pada ruang privat, silakan kirimkan surel atau tinggalkan pesan di halaman pembicaraan saya untuk mengatur cara komunikasi yang lebih sesuai dengan kondisi Anda.

Kami memohon maaf karena keterbatasan sumber daya, diskusi hanya dapat diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan tidak dalam bahasa-bahasa daerah lain yang dipertuturkan di Indonesia. Namun, Anda amat dianjurkan untuk berkomentar dan menyampaikan pendapat sesuai dengan kondisi komunitas Gorontalo.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda. Kami menunggu sumbangan pemikiran dan pendapat yang baik, dalam rangka membuat gerakan Wikimedia sebuah tempat yang lebih nyaman bagi semua orang.

Salam hangat, RamzyM (WMF) (bisala) 18 Januari 2021 07.40 (WITA)

Halo semua. Untuk mengetahui secara lebih spesifik lagi dari komunitas Wikimedia di Indonesia, kami mengundang Anda untuk mengisi survei tentang Kode Etik Universal di tautan ini. Terima kasih! RamzyM (WMF) (bisala) 10 Pebruari 2021 15.41 (WITA)

Penghargaan Sukarelawan Wikimedia 2020Sunting

Tahun 2020 telah berlalu, tidak terhitung betapa banyaknya jasa sukarelawan Wikimedia dalam upaya membebaskan pengetahuan bagi khalayak Indonesia khususnya, dan khalayak dunia pada umumnya.

Wikimedia Indonesia berterima kasih kepada para sukarelawan Wikimedia yang telah turut serta berurun daya, waktu, ilmu, dan sebagainya. Karena itu, terlintas di benak kami perlunya penganugerahan penghargaan kepada sukarelawan terbaik. Untuk itu, diadakanlah Penghargaan Sukarelawan Wikimedia 2020 ini.

Sisihkan waktu Anda sejenak untuk memberikan kepada kami rekomendasi siapakah yang menurut Anda layak mendapatkan Penghargaan Sukarelawan Wikimedia 2020 melalui tautan berikut ini: bit.ly/wmid-penghargaansukarelawan2020

Cahyo (WMID) (bisala) 20 Januari 2021 12.50 (WITA)

Wiki Loves Folklore 2021 is back!Sunting

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

You are humbly invited to participate in the Wiki Loves Folklore 2021 an international photography contest organized on Wikimedia Commons to document folklore and intangible cultural heritage from different regions, including, folk creative activities and many more. It is held every year from the 1st till the 28th of February.

You can help in enriching the folklore documentation on Commons from your region by taking photos, audios, videos, and submitting them in this commons contest.

Please support us in translating the project page and a banner message to help us spread the word in your native language.

Kind regards,

Wiki loves Folklore International Team

MediaWiki message delivery (bisala) 6 Pebruari 2021 21.25 (WITA)

Proposal: Set two-letter project shortcuts as alias to project namespace globallySunting

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Hello everyone,

I apologize for posting in English. I would like to inform everyone that I created a new global request for comment (GRFC) at Meta Wiki, which may affect your project: m:Requests for comment/Set short project namespace aliases by default globally.

In this GRFC, I propose that two-project shortcuts for project names will become a default alias for the project namespace. For instance, on all Wikipedias, WP will be an alias to the Wikipedia: namespace (and similar for other projects). Full list is available in the GRFC.

This is already the case for Wikivoyages, and many individual projects asked for this alias to be implemented. I believe this makes it easier to access the materials in the project namespace, as well as creating shortcuts like WP:NPOV, as well as helps new projects to use this feature, without having to figure out how to request site configuration changes first.

As far as I can see, Wikipedia currently does not have such an alias set. This means that such an alias will be set for you, if the GRFC is accepted by the global community.

I would like to ask all community members to participate in the request for comment at Meta-Wiki, see m:Requests for comment/Set short project namespace aliases by default globally.

Please feel free to ask me if you have any questions about this proposal.

Best regards,
--Martin Urbanec (talk) 18 Pebruari 2021 22.12 (WITA)

Rachmad Gobel and Rahmat GobelSunting

Sorry for not posting in this wikis language – I do not speak Hulontalo. I just came across Rachmad Gobel and Rahmat Gobel through Wikidata and it looks like those are obviously duplicates and should be merged. I just couldn't figure out how to mark them as such. I hope to find here someone to help me. Thanks in advance! --CamelCaseNick (bisala) 25 Pebruari 2021 02.59 (WITA)

Thanks for helping check. I've deleted the article on gorwiki, and I have reported the items on wikidata to the idwiki admin for deletion.Marwan Mohamad (bisala) 25 Pebruari 2021 07.55 (WITA)

Global bot policy changesSunting

Pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021Sunting

Pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 akan dimulai pada tanggal 4 Agustus 2021. Setelah periode pencalonan selama tiga minggu, 20 orang calon telah ditetapkan untuk pemilihan tahun ini.

Dewan Pengawas mengawasi Yayasan Wikimedia, dan pada pemilihan kali ini anggota Dewan yang sedang menjabat berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan keberagaman demografis para anggota. Dewan telah membagikan daftar bidang kepakaran yang diharapkan untuk didapatkan dari para calon anggota Dewan Pengawas yang baru.

Seluruh anggota Gerakan Wikimedia berkesempatan untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilihan ini. Dewan Pengawas kemudian diperkirakan akan memilih empat calon yang mendapatkan suara terbanyak untuk mulai bertugas pada bulan September. Para anggota terpilih akan bertugas untuk masa jabatan selama tiga tahun.

Bagaimana caranya Anda dapat terlibat?

Ketahui lebih banyak tentang para calon

Para calon yang berasal dari berbagai komunitas Wikimedia telah mengajukan pencalonan mereka. Anda disarankan untuk mempelajari tentang visi-misi para calon sebelum memilih. Anda juga dapat memberikan pertanyaan untuk dijawab para calon selama periode kampanye. Para calon akan menjawab pertanyaan yang dikumpulkan oleh Komite Pemilihan di Meta. Dalam beberapa minggu ke depan, para calon juga akan memiliki kesempatan untuk menayangkan video presentasi tentang pencalonan mereka.

Ikut serta dalam kampanye

Tim fasilitasi pemilihan sedang merencanakan beberapa kegiatan selama periode kampanye. Lihat informasi mengenai hal ini pada halaman pemilihan di Meta.

Anggota komunitas dianjurkan untuk mengorganisir kegiatan pada masing-masing komunitas mereka. Kami meminta agar setiap kegiatan yang melibatkan para calon agar memperhatikan komitmen waktu individu, karena proses pencalonan dan pemilihan amat memakan waktu. Harap cantumkan kegiatan kampanye yang Anda rencanakan pada halaman pemilihan Dewan Pengawas di Meta, sehingga dapat dilihat oleh semua orang. Anda juga dapat meminta bantuan dari para fasilitator dan sukarelawan pemilihan.

Gunakan hak pilih

Pemungutan suara untuk pemilihan Dewan Pengurus tahun 2021 berlangsung dari 4 hingga 17 Agustus 2021. Komite Pemilihan telah menetapkan sistem Single Transferable Vote sebagai sistem penghitungan suara dan penetapan keputusan. Informasi lebih lanjut mengenai syarat pemilih, proses, dan pertanyaan yang kerap ditanyakan mengenai pemungutan suara.

Single Transferable Vote

Sistem pemilihan ini memungkinkan para pemilih untuk mengurutkan pilihan mereka sesuai preferensi. Ini memudahkan Anda untuk menjelaskan siapa yang Anda inginkan, ketimbang metode dukung atau tolak yang biasa digunakan. Jika calon pilihan pertama Anda telah memiliki cukup suara untuk terpilih, suara Anda akan dipindahkan ke calon pilihan kedua. Jika calon pilihan pertama Anda tidak akan terpilih, suara Anda juga akan dipindahkan ke calon pilihan kedua. Lihat contoh yang telah dipersiapkan oleh tim fasilitasi di sini. Informasi lebih yang lengkap akan tersedia pada pertengahan bulan Juli.

Kami berharap Anda dapat menyebarkan informasi mengenai pemilihan ini seluas-luasnya dan membantu Yayasan Wikimedia memiliki anggota Dewan Pengawas dengan kualitas yang baik, sehingga dapat mewujudkan dan melindungi kepentingan gerakan dalam beberapa tahun ke depan.

Salam hangat,

Komite Pemilihan

MediaWiki message delivery (bisala) 2 Juli 2021 18.19 (WITA)

Nawala Kode Etik Universal - Edisi 2Sunting

Nawala Kode Etik Universal
Edisi 2, Juli 2021Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi kedua nawala Kode Etik Universal (UCoC)! Nawala ini mengabarkan para Wikimedian mengenai perkembangan terbaru dalam proses UCoC dan akan memuat berita, hasil penelitian, dan pemberitahuan mengenai kegiatan yang terkait dengan UCoC.

Jika Anda belum berlangganan dan ingin mendapatkan edisi terbaru dari nawala ini, silakan untuk berlangganan di sini. Anda juga dapat meninggalkan nama pengguna Anda di sini jika Anda bersedia untuk membantu menerjemahkan nawala ini di masa depan.

  • Tinjauan mengenai Rancangan Panduan Penegakan - Komite Perumus telah mengadakan beberapa pertemuan awal untuk menghubungkan dan menyelaraskan topik kunci mengenai penegakan, dengan mempertimbangkan penelitian terdahulu mengenai proses yang sudah ada dan celah yang masih harus diisi oleh gerakan Wikimedia. (terus baca)
  • Laporan Penelitian Target Gangguan Keamanan - Untuk mendukung pekerjaan Komite Perumus, Yayasan Wikimedia telah mengadakan sebuah proyek penelitian yang mengkaji pengalaman gangguan keamanan di proyek-proyek Wikimedia. (terus baca)
  • Konsultasi Fungsionaris - Sejak bulan Juni, pengguna dengan status fungsionaris dari berbagai proyek Wikimedia telah mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan bagaimana UCoC akan berlaku dalam konteks global Wikimedia. (terus baca)
  • Forum Diskusi Virtual - Tim fasilitasi UCoC kembali menggelar forum diskusi virtual untuk anggota komunitas berbahasa Korea dan dari proyek-proyek di wilayah ESEAP lainnya untuk mendiskusikan mengenai penegakan UCoC. (terus baca)
  • Penerapan Awal UCoC di Beberapa Komunitas - Sejak ratifikasi UCoC oleh Dewan Pengawas pada bulan Februari 2021, UCoC sudah mulai diadopsi dan diterapkan pada komunitas Wikimedia. (terus baca)
  • Masa Kerja Baru untuk Komite Peninjau Perkara Sementara Trust & Safety - Pada awalnya, CRC diperkirakan untuk menyelesaikan mandatnya pada tanggal 1 Juli. Namun begitu, seiring dengan perkembangan UCoC yang diperkirakan baru akan selesai pada bulan Desember, masa kerja CRC juga telah disesuaikan. (terus baca)
  • Wikimania - Tim UCoC berencana untuk menggelar diskusi termoderasi yang melibatkan perwakilan dari berbagai belahan gerakan Wikimedia pada Wikimania 2021. Kami juga akan hadir pada Community Village. (terus baca)
  • Blog Diff - Bacalah terbitan terbaru mengenai UCoC pada blog Diff Wikimedia. (terus baca)

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai UCoC, silakan hubungi fasilitator tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan untuk komunitas Indonesia dan ESEAP, RamzyM (WMF).

-- MediaWiki message delivery (bisala) 14 Juli 2021 21.58 (WITA)

Pendaftaran calon anggota Komite Perumus Piagam GerakanSunting

Tim Strategi Gerakan mengundang Anda untuk mendaftar menjadi anggota Komite Perumus Piagam Gerakan. Periode pendaftaran dimulai pada 2 Agustus 2021 dan berakhir pada 1 September 2021.

Para anggota Komite diharapkan dapat mewakili tingkat keberagaman dalam gerakan Wikimedia. Hal ini diukur melalui faktor gender, bahasa yang dipertuturkan, geografis, dan pengalaman berpartisipasi dalam proyek Wikimedia, organisasi mitra, dan Yayasan Wikimedia.

Kefasihan berbahasa Inggris tidak diperlukan untuk menjadi anggota Komite. Jika diperlukan, jasa penerjemahan dan penafsiran akan disediakan. Anggota Komite akan mendapatkan tunjangan sebesar US$100 setiap dua bulan untuk membantu biaya keikutsertaan yang mungkin diperlukan.

Kami mencari individu yang memiliki kemampuan berikut ini:

  • Mampu menulis secara kolaboratif (pengalaman yang demonstratif dapat menjadi nilai tambah)
  • Bersedia untuk mencari jalan tengah.
  • Berfokus pada inklusi dan keberagaman.
  • Mengetahui seluk-beluk konsultasi komunitas.
  • Memiliki pengalaman komunikasi antarbudaya.
  • Memiliki pengalaman dalam tata kelola organisasi nirlaba atau komunitas.
  • Berpengalaman dalam bernegosisasi dengan pihak-pihak yang berbeda.

Komite ini diperkirakan akan beranggotakan sekitar 15 orang. Jika ada 20 calon atau lebih, akan dilangsungkan proses pemilihan dan seleksi. Jika ada 19 calon atau kurang, proses seleksi akan berlangsung tanpa pemilihan.

Mari sertai langkah maju gerakan Wikimedia! Calonkan diri Anda mulai minggu depan pada halaman ini. Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi strategy2030Templat:Atwikimedia.org atau Ramzy Muliawan, fasilitator tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan untuk komunitas Indonesia.

-- MediaWiki message delivery (bisala) 28 Juli 2021 07.45 (WITA)

Penundaan pemilihan Dewan Pengawas WMF 2021Sunting

Para Wikimedian yang baik,

Melalui pengumuman ini, kami ingin memberitahukan bahwa pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 akan ditunda selama dua minggu karena masalah teknis pada perangkat SecurePoll. Pada awalnya, pemilihan ini akan dimulai pada tanggal 4 Agustus. Oleh karena penundaan ini, pemilihan akan dimulai pada tanggal 18 Agustus, sehari setelah Wikimania selesai.

Untuk informasi mengenai masalah teknis yang dimaksud, silakan lihat tiket Phabricator-nya.

Kami memohon maaf atas penunndaan ini. Kami berharap untuk dapat memulai pemilihan sesuai jadwal pada tanggal 18 Agustus, dan saat ini sedang berkoordinasi dengan para calon dan Komite Pemilihan untuk menentukan langkah selanjutnya. Kami akan mengabarkan perkembangan terbaru melalui halaman pembicaraan tentang pemilihan Dewan Pengawas dan grup Telegram.

Jika Anda mempunyai pertanyaan, silakan hubungi fasilitator Strategi dan Tata Kelola Gerakan untuk komunitas Indonesia, Ramzy Muliawan.

-- MediaWiki message delivery (bisala) 4 Agustus 2021 00.10 (WITA)

Kode Etik Universal - Periode peninjauan Rancangan Panduan PenegakanSunting

Komite Perumus Fase 2 meminta pendapat, pandangan, dan komentar mengenai Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal (UCoC). Periode peninjauan ini akan berlangsung dari 17 Agustus hingga 17 Oktober 2021.

Sukarelawan dari komunitas Wikimedia dan staf Yayasan Wikimedia yang tergabung dalam Komite Perumus Fase 2 berkolaborasi untuk merumuskan Rancangan ini berdasarkan hasil konsultasi, diskusi, dan penelitian sebelumnya. Panduan ini masih bersifat rancangan, dan Anda dapat membantu menyempurnakannya dengan menyampaikan pandangan serta komentar sebelum 17 Oktober 2021. Komite akan menyempurnakannya selaras dengan umpan balik yang didapat dari komunitas.

Semua orang dapat berkomentar pada beberapa tempat. Para fasilitator dapat menjawab pertanyaan atau komentar dalam berbagai bahasa pada halaman pembicaraan atau melalui surel. Anda juga dapat menyampaikan pandangan pada halaman pembicaraan versi yang telah diterjemahkan, pada diskusi lokal, atau pada jam kerja terbuka dan forum diskusi virtual.

Berikut beberapa diskusi yang akan dilangsungkan dan membahas mengenai Rancangan Panduan Penegakan UCoC:

Sesi Wikimania 2021 - 16 Agustus @ 11:00 UTC - 11:45 UTC
Jam kerja terbuka - 24 Agustus, 31 Agustus, 7 September @ 03:00 UTC & 14:00 UTC
Forum diskusi virtual - 18 September @ 03:00 UTC & 15:00 UTC

Tim fasilitasi berharap periode peninjauan ini dapat diketahui dan diikuti oleh banyak komunitas dalam rangka mencapai situasi saling paham. Jika Anda melihat bahwa tidak ada diskusi yang berlangsung pada komunitas Anda, silakan untuk memulainya; para fasilitator akan membantu Anda bila perlu.

Hasil diskusi akan diringkas dan dihimpun untuk dipergunakan oleh Komite Perumus setiap dua minggu. Ringkasan hasil diskusi ini akan dipublikasikan di sini.

Jika Anda punya sebarang pertanyaan, harap hubungi Ramzy Muliawan, fasilitator untuk komunitas berbahasa Indonesia dan rantau ESEAP.

-- MediaWiki message delivery (bisala) 17 Agustus 2021 22.22 (WITA)

Pemilihan Dewan Pengawas WMF 2021 telah dimulaiSunting

Periode pemungutan suara untuk pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 telah dimulai. Para calon yang berasal dari komunitas telah diminta untuk mengajukan pencalonan mereka. Setelah periode pencalonan selama tiga minggu, terdapat 19 orang calon untuk pemilihan tahun ini.

Anggota gerakan Wikimedia berpeluang untuk memilih anggota Dewan yang berasal dari komunitas dan organisasi mitra. Dengan menggunakan hak pilih, Anda dapat membantu mengidentifikasi orang-orang yang memiliki kualitas terbaik untuk memajukan kepentingan gerakan kita dalam beberapa tahun ke depan. Dewan Pengawas akan mengangkat empat calon dengan suara terbanyak menjadi anggotanya. Pemungutan suara akan berakhir pada tanggal 31 Agustus 2021.

Dewan Pengawas bertugas untuk mengawasi Yayasan Wikimedia, dan pada pemilihan kali ini anggota Dewan yang sedang menjabat berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan keberagaman demografis para anggota. Dewan juga telah membagikan daftar bidang kepakaran yang diharapkan untuk didapatkan dari para calon anggota Dewan Pengawas yang baru.

Pelajari profil para calon. Ketahui lebih banyak mengenai Dewan Pengawas. Gunakan hak pilih Anda.

Baca versi lengkap dari pengumuman ini.

Salam hangat,

Komite Pemilihan

-- MediaWiki message delivery (bisala) 18 Agustus 2021 08.52 (WITA)

Pemilihan Dewan Pengawas WMF 2021 telah berakhirSunting

Terima kasih atas partisipasi Anda pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia! Periode pemungutan suara telah ditutup pada pukul 23.59 tanggal 31 Agustus. Hasil dan data pemilihan, termasuk empat orang calon yang mendapatkan suara tertinggi, akan diumumkan setelah Komite Pemilihan menyelesaikan proses pengecekan atas suara yang masuk. Pengumuman calon yang akan diangkat akan menyusul setelah itu, yaitu setelah para calon terpilih dikonfirmasi oleh Dewan Pengawas.

Sebanyak 6.946 anggota komunitas dari 216 proyek wiki telah menggunakan hak pilih mereka. Tingkat partisipasi secara global adalah sebanyak 10.2%, yang berarti 1.1% lebih tinggi daripada pemilihan sebelumnya. Pada pemilihan tahun 2017, sebanyak 5.167 anggota komunitas dari 202 proyek wiki telah menggunakan hak pilih mereka. Analisa yang lengkap akan diterbitkan beberapa hari setelah hasil diumumkan. Sementara itu, Anda dapat memeriksa data yang terhimpun selama proses pemilihan.

Salah satu tujuan utama dari pemilihan ini adalah untuk meningkatkan keberagaman. Pesan mengenai pemilihan Dewan Pengawas diterjemahkan ke 61 bahasa. Pendekatan ini berbuah manis: terdapat 70 komunitas dengan pemilik hak suara yang memilih untuk kali pertama. Dengan bantuan Anda, pemilihan Dewan Pengawas tahun depan akan dapat lebih baik lagi.

Salam hangat, RamzyM (WMF) 2 September 2021 15.09 (WITA)

Pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan, 11 - 24 OktoberSunting

Salam. Ini adalah kabar terbaru dari proses perumusan Piagam Gerakan. Periode pencalonan anggota Komite Perumus telah berakhir, dan kita telah mendapatkan sekelompok calon dari ragam latar yang berbeda.

Komite ini akan beranggotakan 15 orang yang akan dipilih melalui tiga proses berbeda:

  • Pemilihan oleh komunitas untuk memilih 7 orang anggota.
  • Seleksi oleh organisasi mitra untuk memilih 6 orang anggota.
  • Pengangkatan oleh Yayasan Wikimedia untuk memilih 2 orang anggota.

Pemilihan komunitas akan berlangsung antara 11 Oktober hingga 24 Oktober. Proses lainnya akan berlangsung pada waktu yang sama, sehingga ketiga proses di atas dapat selesai sebelum 1 November.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai peran dan pembentukan Piagam Gerakan, silakan baca halamannya di Meta. Anda juga dapat menghubungi kami kapan saja melalui Telegram atau surel (wikimedia2030@wikimedia.org).

Teriring salam, RamzyM (WMF) 21 September 2021 16.52 (WITA)

Pendapat dan komentar Anda mengenai Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal masih diterimaSunting

Halo. Ini merupakan pengingat bahwa Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal masih menerima tinjauan dan komentar Anda. Komite Perumus akan mulai mengerjakan revisi dan pengembangan dari komentar komunitas dalam waktu kurang dari dua minggu (17 Oktober). Partisipasi Anda amat disambut baik!

Sekarang, tim kami sudah menyediakan versi pendek dan sederhana dari Rancangan Panduan Penegakan untuk memudahkan Anda mencerna dan memahaminya. Jika memungkinkan, harap bantu untuk menerjemahkannya ke dalam berbagai bahasa.

Kami juga akan menyelenggarakan sesi perbincangan terbuka terakhir pada tanggal 15 Oktober 2021, pukul 03:00 dan 14:00 UTC.

Mewakili Komite Perumus, kami ucapkan terima kasih bagi semua yang sudah berpartisipasi. Kami menunggu komentar dari Anda yang belum memberikannya; Rancangan Panduan Penegakan ini akan jauh lebih baik dengan pandangan yang Anda berikan.

Salam, RamzyM (WMF) 6 Oktober 2021 15.32 (WITA)

Pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan telah dimulaiSunting

<languages/> Pemungutan suara untuk pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan telah dimulai. Secara total, 70 Wikimedian dari seluruh dunia mencalonkan diri untuk mengisi 7 kursi dalam pemilihan ini. Pemungutan suara dibuka mulai dari 12 Oktober sampai dengan 24 Oktober 2021.

Komite akan terdiri dari total 15 anggota: komunitas daring mmemilih 7 anggota, 6 anggota akan dipilih oleh organisasi mitra Wikimedia melalui sebuah proses yang bersamaan, dan 2 anggota akan ditunjuk oleh Wikimedia Foundation. Komite rencananya akan sudah terbentuk pada 1 November 2021.

Salam hangat,

Kaarel Vaidla
Tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan, Wikimedia Foundation
12 Oktober 2021 18.43 (WITA)

Nawala Kode Etik Universal - Edisi 4Sunting

Nawala Kode Etik Universal
Edisi 4, Oktober 2021Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi keempat nawala Kode Etik Universal! Nawala ini mengabarkan para Wikimedian mengenai perkembangan terbaru dalam proses UCoC dan akan memuat berita, hasil penelitian, dan pemberitahuan mengenai kegiatan yang terkait dengan UCoC.

Jika Anda belum berlangganan dan ingin mendapatkan edisi terbaru dari nawala ini, silakan untuk berlangganan di sini. Anda juga dapat meninggalkan nama pengguna Anda di sini jika Anda bersedia untuk membantu menerjemahkan nawala ini di masa depan.

  • Tinjauan mengenai Rancangan Panduan Penegakan - Periode peninjauan Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal akan berakhir pada 17 Oktober 2021, menutup periode konsultasi yang telah berlangsung selama 2 bulan. (terus baca)
  • Forum diskusi virtual dan sesi perbincangan terbuka - Forum diskusi virtual mengenai penegakan UCoC telah berlangsung pada 18 September 2021. Sesi perbincangan terbuka terakhir akan diselenggarakan pada 15 Oktober 2021. (terus baca)
  • Pemilihan Komite Perumus Piagam Gerakan - Proses seleksi dan pemilihan anggota Komite Perumus Piagam Gerakan telah dimulai dan akan berlangsung sampai 25 Oktober 2021. Para Wikimedian dapat memberikan suara bagi calon yang menurut mereka patut terpilih ke komite tersebut. (terus baca)
  • Arah baru untuk nawala ini - Seiring berakhirnya proses konsultasi Kode Etik Universal, tim fasilitasi sedang merancang arah baru untuk nawala ini. (terus baca)
  • Blog Diff - Bacalah terbitan terbaru mengenai UCoC pada blog Diff Wikimedia. (terus baca)

RamzyM (WMF) 15 Oktober 2021 02.25 (WITA)

Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan telah dibukaSunting

Periode pengajuan permohonan untuk Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan telah kembali dibuka. Program hibah ini akan dapat mendanai proyek yang akan memajukan prakarsa Strategi Gerakan tertentu, baik itu berukuran besar maupun kecil.

Pelajarilah program hibah ini secara lebih lanjut. Beritahu pula anggota komunitas lain untuk turut memajukan permohonan.

Salam, RamzyM (WMF) 21 Oktober 2021 18.25 (WITA)

Kenali anggota Komite Perumus Piagam Gerakan terpilihSunting

Proses seleksi dan pemungutan suara Komite Perumus Piagam Gerakan telah selesai.

Komite ini akan melangsungkan pertemuan dalam waktu dekat untuk memulai pekerjaannya. Komite juga dapat menunjuk hingga tiga anggota lain untuk untuk menjembatani keragaman dan kesenjangan keahlian.

Apabila tertarik ikut serta dengan proses perumusan Piagam Gerakan, ikuti perkembangannya di Meta dan bergabung dalam grup Telegram.

Mewakili tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan, kami ucapkan terima kasih.

Salam, RamzyM (WMF) 1 Nopember 2021 21.37 (WITA)

Penutupan periode penghimpunan komentar untuk Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik UniversalSunting

Terima kasih atas gagasan dan komentar yang Anda berikan mengenai Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal. Umpan balik yang Anda berikan telah dapat membantu menciptakan Kode Etik Universal yang lebih kuat.

Jika Anda belum memberikan komentar, sekarang adalah waktu yang tepat, karena pada saat ini Komite Perumus sedang bekerja untuk memperbarui Rancangan tersebut. Komite Perumus ingin mempertimbangkan semua komentar selama proses ini. Harap berikan komentar Anda sebelum akhir bulan November. Komite ingin menyelesaikan perubahan atas Rancangan sebelum akhir tahun, dan Rancangan yang telah diperbaharui akan dirilis segera setelah proses ini diselesaikan.

Langkah selanjutnya mengenai Kode Etik Universal adalah perbincangan mengenai proses pengesahan Rancangan Penegakan. Kami akan menyelenggarakan jam kerja terbuka mengenai pengesahan pada tanggal 29 November.

Yayasan Wikimedia akan mengirimkan rekomendasi kepada Dewan Pengawas mengenai proses pengesahan pada bulan Desember. Rekomendasi ini akan menjadi dasar bagi merancang proses selanjutnya dalam Kode Etik Universal.

Salam, RamzyM (WMF) 26 Nopember 2021 16.59 (WITA)